HARI REMAJA INTERNASIONAL

 HARI REMAJA INTERNASIONAL



Hari Remaja Internasional atau International Youth Day diperingati tanggal 12 Agustus setiap tahunnya. Peringatan ini berawal dari hasil World Conference of Ministers Responsible for Youth pada 1998. Momen ini merupakan apresiasi terhadap peran remaja dalam kehidupan bermasyarakat. Remaja merupakan pelita bangsa yang dapat mendukung upaya global dalam menangani berbagai masalah yang ada. Hari Remaja Internasional juga menjadi momen penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi dan merenungkan permasalahan yang dihadapi oleh para remaja.

Sejarah

Dilansir dari situs unesco.org, Majelis Umum PBB merekomendasikan agar kegiatan informasi publik diselenggarakan dalam rangka mempromosikan kesadaran yang lebih baik tentang World Programme of Action for Youth yang diadopsi oleh Majelis Umum pada tahun 1996 (resolusi 50/81). Kemudian, pada 17 Desember 1999, Majelis Umum PBB menetapkan dalam resolusi 54/120 bahwa Majelis Umum PBB mengesahkan rekomendasi yang dibuat dari World Conference of Ministers Responsible for Youth (Konferensi Dunia Menteri Yang Bertanggungjawab Terhadap Remaja). 

Konferensi ini diselenggarakan di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998. Maka dari itu, 12 Agustus ditetapkan sebagai Hari Remaja Internasional oleh Majelis Umum PBB. Hal ini juga diperkuat oleh Dewan Keamanan PBB dalam Resolusi 2250 tentang Remaja, Perdamaian, dan Keamanan yang menyatakan pengakuan terhadap urgensi untuk melibatkan para pembangun perdamaian muda dalam mempromosikan perdamaian dan melawan ekstremisme, serta dengan jelas memposisikan pemuda sebagai mitra penting dalam upaya global.

Tujuan Hari Remaja Internasional

Remaja memiliki kreativitas, potensi, dan kapasitas untuk membuat suatu perubahan, baik itu untuk diri mereka sendiri, lingkungannya, dan selebihnya kepada dunia.
UNESCO bekerja sama dengan pemuda pemudi, berkomitmen untuk mendampingi, untuk bekerja bersama, dan untuk mengarahkan inovasi sosial dan perubahan. Sekaligus berpartisipasi secara penuh dalam pembangunan sosial, kesenjangan sosial, ketidaksetaraan, dan menumbuhkan budaya perdamaian.
Oleh karena itu, tujuan dari diperingatinya Hari Remaja Internasional adalah untuk memberikan kesempatan kepada kaum musa dari semua lapisan masyarakat untuk benar-benar menjadi peserta aktif dalam kehidupan sosial dan politik masyarakat mereka, serta dalam proyek multilateral.





Sumber:https://www.detik.com/bali/berita/d-6871033/hari-remaja-internasional-2023-sejarah-tujuan-d an-tema



Komentar

Postingan populer dari blog ini