SELAMAT HARI PERSAHABATAN INTERNASIONAL

 HARI PERSAHABATAN INTERNASIONAL



Tanggal 30 Juli adalah peringatan Hari Persahabatan Internasional. Persahabatan adalah hubungan yang sangat berharga, tanpanya kehidupan akan terasa hambar dan membosankan.

Hari Persahabatan Internasional dirayakan setiap tahun sejak 2011 oleh Majelis Umum PBB. Tujuannya adalah untuk mendorong persahabatan antara masyarakat, negara, budaya, dan individu agar menjadi sumber inspirasi bagi perdamaian dan kerja sama antar komunitas. Pada peringatan Hari Persahabatan Internasional, PBB mendorong pemerintah, organisasi internasional, dan kelompok masyarakat sipil untuk menyelenggarakan acara, kegiatan, dan inisiatif yang dapat memperkuat dialog antar peradaban, solidaritas, saling pengertian, dan rekonsiliasi.

Sejarah Hari Persahabatan Internasional

Hari Persahabatan Internasional adalah hasil dari usulan yang diajukan oleh UNESCO yang mendefinisikan Budaya Perdamaian sebagai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang menolak kekerasan dan berusaha mencegah konflik dengan mengatasi akar penyebabnya dengan tujuan untuk memecahkan masalah. Definisi ini kemudian diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1997.

Keputusan itu tertuang dalam deklarasi dan program aksi tentang budaya damai serta Dekade Internasional untuk Budaya Damai dan Non-Kekerasan untuk Anak-Anak Dunia. Tidak hanya itu, Hari Persahabatan Internasional dibuat sesuai deklarasi UNESCO pada 1997-1998 yang mendorong penerapan budaya damai bagi masyarakat dunia korban dari peperangan dan kekerasan. Bagi organisasi dunia tersebut, persahabatan merupakan hal penting dalam kehidupan umat manusia di seluruh dunia.

Menurut PBB, perayaan ini diadakan dengan ide bahwa persahabatan antarbangsa, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian terutama di tengah peperangan saat itu. Selain itu, Hari Persahabatan Internasional dapat menumbuhkan pemahaman dan mengajak komunitas dari budaya beragam di seluruh dunia untuk saling menghormati. Atas keputusan tersebut, PBB kemudian mendorong anak muda, pemerintah, dan masyarakat internasional untuk mempromosikan dan merayakan hari persahabatan dengan saling pengertian, solidaritas, dan berusaha rekonsiliasi.

Mengapa Hari Persahabatan Internasional Penting?

Persahabatan membutuhkan empati, kasih sayang, dan kepedulian terhadap orang lain. Dengan menghargai dan merayakan persahabatan, kita menumpuk karakteristik ini dan mengadopsi pandangan hidup yang lebih tanpa pamrih dan bersyukur.

Hari istimewa ini menghubungkan orang-orang, membangun jembatan di antara ideologi, negara, dan budaya. Menghubungkan dan persahabatan identik dengan ikatan. Membangun ikatan bersama itu lebih dari sekadar berbagi waktu, karakteristik, atau sifat favorit di masa lalu dengan orang atau kelompok lain.

Dalam semua komunitas, Hari Persahabatan Internasional dapat membantu membangun dan memperkuat hubungan terlepas dari perbedaan budaya. Hari tersebut dapat membantu membangun dunia yang lebih baik dan damai, serta menyatukan orang.

Membagikan Semangat Kemanusiaan Melalui Persahabatan

Hari Persahabatan Internasional dibuat untuk membagikan semangat kemanusiaan. Dunia saat ini sedang menghadapi banyak tantangan, krisis dan perpecahan - seperti kemiskinan, kekerasan, dan pelanggaran hak asasi manusia, dan lain-lain yang merusak perdamaian, keamanan, pembangunan, dan keharmonisan sosial di antaran masyarakat dunia.

Melalui persahabatan - dengan mengakumulasi ikatan persahabatan dan mengembangkan ikatan kepercayaan yang kuat - kita dapat berkontribusi pada perubahan mendasar yang sangat dibutuhkan untuk mencapai stabilitas yang langgeng, menenun jaringan yang akan melindungi kita semua, dan menghasilkan hasrat untuk dunia yang lebih baik di mana semua orang dipersatukan untuk kebaikan yang lebih besar.

Pada hari ini, mari kita mengirim kartu ucapan kepada teman-teman dan bertukar hadiah, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di bagian daerah lain. Ini adalah hari untuk mengakui peran teman terbaik yang selalu disisi kita. Selain itu, biasanya orang-orang membuat gelang persahabatan dan beberapa juga memberikan bunga. Ada beberapa orang juga yang merayakan persahabatan mereka dengan orang tua dan orang lain yang memiliki hubungan istimewa.




Sumber:👉https://indonesia.un.org/id/239358-hari-persahabatan-internasional-30-juli

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini