Hari Seni Sedunia

Hari Seni Sedunia




Hari seni sedunia merupakan sebuah perayaan untuk mempromosikan pengembangan, difusi, dan kenikmatan seni. Peringatan Hari Seni Sedunia memperkuat hubungan antara seni dan masyarakat, meningkatkan kesadaran akan keragaman ekspresi, dan menyoroti kontribusi seniman pada pembangunan berkelanjutan.

Perayaan ini juga memberikan kesempatan untuk menyoroti pendidikan seni di sekolah-sekolah. Alasannya, karena budaya mampu membuka jalan bagi pendidikan yang inklusif dan adil. Hal ini juga merupakan kesempatan untuk menyoroti pendidikan seni di sekolah, karena budaya dapat membuka jalan bagi pendidikan yang inklusif dan adil. Ada banyak hal yang dapat dipelajari, dibagikan, dan dirayakan pada Hari Seni Sedunia, dan UNESCO mendorong semua orang untuk ikut serta melalui berbagai kegiatan seperti debat, konferensi, lokakarya, acara budaya, dan presentasi atau pameran.

Sejarah Hari Seni Sedunia

Hari Seni Sedunia diproklamasikan pada sesi ke-40 Konferensi Umum UNESCO pada 2019. UNESCO hendak mengajak seluruh masyarakat untuk menyadarkan informasi tentang seni sekaligus penyelenggaraan kegiatan tentang seni dan seniman.

UNESCO menyatakan bahwa seni memupuk kreativitas, inovasi, dan keanekaragaman budaya bagi seluruh orang di dunia, serta memainkan peran penting dalam berbagi pengetahuan dan mendorong rasa ingin tahu dan dialog. Ini merupakan kualitas sebuah seni dan akan selalu ada apabila selalu mendapatkan dukungan.

Kemudian, dilansir nationaltoday.com, Hari Seni Sedunia dideklarasikan pada 15 April di Majelis Umum Asosiasi Seni Internasional. Pada 2012, perayaan Hari Seni Sedunia pertama kali dilakukan. Tanggal perayaan Hari Seni Sedunia dipilih berdasarkan tanggal lahir seniman terkenal, Leonardo Da Vinci. Penanggalan ini dipilih sebagai bentuk penghormatan.

Cara Memperingati Hari Seni Sedunia

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari, dibagikan, dan dirayakan pada Hari Seni Sedunia. Hari Seni Sedunia menjadi pengingat yang bagus bagi semua orang untuk mampu mengekspresikan diri. Mengutip dari situs nationaltoday.com, berikut ini adalah beberapa cara untuk merayakan Hari Seni Sedunia:

  • Membuat Karya Seni
Anda bisa menuangkan sisi kreatif anda, seperti menulis karya sastra, menggamabar, melukis atau mengambil foto.
  • Mengunjungi Museum
Ada banyak meseum dan galeri seni yang bisa anda kunjungi, dengan melakukan apresiasi terhadap seni, maka anda sudah merayakan Hari Seni Sedunia.


Sumber:https://www.detik.com/bali/budaya/d-7289774/hari-seni-sedunia-15-april-begini-sejarahnya/amp


Komentar

Postingan populer dari blog ini