BETAPA PENTINGNYA AIR BAGI KEHIDUPAN (HARI AIR SEDUNIA)

BETAPA PENTINGNYA AIR BAGI KEHIDUPAN (HARI AIR SEDUNIA)


World Water Day atau hari air sedunia adalah hari yang diperingati secara internasional sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih bagi keberlangsungan kehidupan.  Perayaan ini pertama kali dicetuskan saat United Nations Conference on Environment and Development (UNCED) atau Konferensi Bumi diadakan pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Melalui Resolusi nomor 147/1993, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama Hari Air Sedunia. Sejak itulah masyarakat dunia terutama negara-negara anggota PBB memperingati Hari Air Sedunia tiap tanggal 22 Maret.



Mengapa Air Penting Bagi Kehidupan Makhluk Hidup?

Air salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Dengan air bersih manusia dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Selain untuk kebutuhan sehari-hari air bersih dimanfaatkan oleh manusia untuk minum, kita mengetahui bahwa 80% tubuh manusia merupakan air. Dapat dibayangkan jika bumi ini kekurangan air bersih maka dapat dipastikan bahwa semua makhluk hidup dapat mengalami kematian.

Air merupakan suatu kebutuhan bagi segala makhluk hidup yang ada di permukaan bumi. Air merupakan bagian yang mendominasi di permukaan bumi ini dengan persentase 71% serta luas sekitar 361,74 juta km² dibanding daratan hanya 29% dengan luas sekitar 148,3 juta km², dari data tersebut mungkin terdapat maksud dengan terciptanya air yang mendominasi permukaan bumi. Air yang ada di permukaan bumi didominasi oleh air asin. Air yang berada di permukaan bumi ini memiliki perannya tersendiri bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi, tetapi yang paling utama secara internal yaitu untuk keberlangsungannya hidup makhluk yang ada di bumi seperti memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tubuh makhluk hidup, tidak hanya manusia namun juga binatang dan juga tumbuhan membutuhkan air, jika tubuh tidak diberi air sama sekali maka tubuh akan mengalami dehidrasi, lemas, bahkan pingsan atau kematian, oleh karena itu tubuh sangat membutuhkan adanya air demi keberlangsungan hidup. Peran eksternal dari air itu sendiri salah satu contohnya yaitu untuk menjaga kelestarian lingkungan yang ada di sekitar manusia.

Air yang cukup maka akan menghasilkan banyak pepohonan yang subur mengelilingi rumah, dengan demikian pula udara yang ada di sekitar rumah pun menjadi terasa sejuk dikarenakan pepohonan yang menghasilkan oksigen, semakin banyak pohon yang ditanam maka semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan, oleh karena itu dengan adanya air yang ada disekitar seperti sungai ataupun danau dapat dimanfaatkan manusia sebagai pemasok air untuk pepohonan demi terciptanya lingkungan asri yang dikelilingi oleh pepohonan.

Contoh betapa pentingnya peranan air dalam kehidupan manusia yaitu untuk kehidupan ekonomi pada manusia, contohnya yaitu masyarakat Indonesia sebagian besar penduduknya merupakan pekerja di sektor pertanian dan sektor perkebunan, yang mana di sektor-sektor tersebut membutuhkan air untuk kepentingan bercocok tanamnya. Air menjadi kebutuhan pokok bagi mereka, karena tanpa adanya air mereka tidak akan pernah bisa berhasil dalam bercocok tanam, maka dari itu kehidupan ekonomi mereka ditopang oleh keberhasilan dalam bercocok tanam dan dalam hal inilah peranan air sangat dibutuhkan.

Air tidak hanya dibutuhkan untuk kebutuhan minum dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga lingkungan di sekitarnya. Dengan kata lain, manfaat air bagi lingkungan adalah untuk menjaga keseimbangan ekosistem atau kestabilan ekosistem. Untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia dan ekosistem, penting bagi kita untuk melakukan pengelolaan air yang bijaksana dan berkelanjutan.




Sumber: https://biodiversitywarriors.kehati.or.id/artikel/peranan-air-dalam-kehidupan/


Komentar

Postingan populer dari blog ini