Hal yang Harus diperhatikan dikehidupan Sehari - Hari

 

Tubuh kita sangat membutuhkan cairan, karena kandungan air di dalam tubuh manusia sekitar 60-70% dari berat tubuh. Jika cairan tubuh tidak memadai, jaringan dan fungsi organ akan menjadi sangat terganggu. Kekurangan cairan tubuh dapat menimbulkan efek yang beragam pada tubuh kita, selain menimbulkan rasa haus atau dahaga dapat juga membuat stamina tubuh dan kemampuan fisik menurun, bahkan dapat mengakibatkan sakit kepala, kejang pada otot bahkan kehilangan kesadaran. Kekurangan cairan dalam tubuh biasa disebut juga dehidrasi.

Dehidrasi terjadi ketika jumlah cairan yang keluar, lebih banyak dari jumlah cairan yang kita komsumsi. Jumlah kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda, sesuai dengan kondisi tubuh, tingkat aktivitas, gender dan juga iklim di lingkungan masing-masing.

Umumnya cairan yang dibutuhkan sekitar ½ dari jumlah berat badan. Namun, jika  sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, kandungan mineral di dalamnya bisa sedikit menutupi kebutuhan cairan didalam tubuh.

Minum air putih 2 gelas setelah bangun tidur membantu regenerasi otak untuk bisa konsentrasi saat melakukan kegiatan.

Agar tubuh tetap terhidrasi untuk orang dewasa sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2L atau 8 gelas per hari secara rutin.


 

Tidur seringkali dianggap sebagai kegiatan yang tidak produktif dan membuang-buang waktu. Padahal, jika dalam porsi yang cukup, tidur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk itu pembahasan mengenai penerapan pola hidup sehat, tidak pernah bisa lepas dari pembahasan mengenai pentingnya menjaga pola tidur.

Dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh seseorang akan berjalan dengan baik, sehingga dapat mudah terhindar dari beberapa penyakit seperti Stres, diabetes, hingga penyakit jantung. Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk dapat mengetahui berapa waktu yang cukup untuk seseorang bisa mendapatkan pola tidur yang sehat.


Banyaknya pekerjaan atau menumpuknya tugas dapat menyebabkan stres yang tidak boleh dianggap sepele. Karena stres seseorang tidak dapat berkonsentrasi penuh sehingga menyebabkan beberapa tugas menjadi terbengkalai dan banyaknya kesalahan yang dilakukan. 

Masalah stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan. Misalnya saja stres dapat menimbulkan menurunnya nafsu makan, sakit kepala,insomnia, penyakit jantung, depresi ataupun tekanan darah yang tinggi.

Maka jangan sekali-kali menyepelekan stres. Karena tubuh akan merasa lelah sehingga tugas akan semakin menumpuk. Oleh karena itu, penyegaran otak atau pikiran sangat dibutuhkan terutama untuk para pekerja atau para mahasiswa yang stress karena menumpuknya pekerjaan. 



Karya: Esmi Fia Hilmia






Sumber:





Komentar

Postingan populer dari blog ini