Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environtment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat serta ajakan untuk melestarikan bumi.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting yang digunakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan tindakan politik di tingkat dunia. Hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 sebagai dukungan perayaan tahun ini.  Mengutip dari situs World Environtment Day, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah "Beat Plastic Pollution". Tema ini menjadi pengingat bahwa tindakan masyarakat terhadap polusi plastik adalah hal yang penting.

Dampak terbesar yang ditimbulkan dari sampah plastik adalah seperti mengganggu habitat dan kesehatan dari makhluk hidup lainnya karena hewan bisa secara tidak sengaja mengonsumsi plastik dan mengakibatkan hewan menjadi keracunan dan mati. Sampah plastik juga yang tidak bisa di daur ulang akan menjadi sebuah polusi bagi tanah karena tanah bisa menjadi rusak apabila terkena zat yang terdapat di dalam bahan dasar dari plastik.

Berikut 10 Negara Teratas yang Melepaskan Plastik Terbanyak ke Laut (2021):

Filipina — 356.371 ton 

India — 126.513 ton 

Malaysia — 73.098 ton 

Cina — 70.707 ton 

Indonesia — 56.333 ton 

Brasil — 37,799 ton 

Vietnam — 28.221 ton 

Bangladesh — 24.640 ton 

Thailand — 22.806 ton 

Nigeria — 18.640 ton


Solusi asik, kurangi sampah plastik: 

Membawa Kantong Belanja Sendiri

Membawa kantong belanja sendiri saat belanja atau bepergian adalah cara yang paling mudah untuk berkontribusi mengurangi sampah pribadi.

Membawa Botol Minum atau Tumbler

Lebih baik menyiapkan air minum dari rumah dengan menggunakan botol minum atau tumbler. Selain bentuk dari peduli terhadap lingkungan, membawa botol minum sendiri juga bisa menghemat uang.

Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Mulailah mengganti sedotan plastik dengan sedotan bambu atau kertas yang ramah lingkungan.

Hindari Membeli Makanan dan Minuman  Kemasan Plastik

Usahakan, jangan membeli produk dalam kemasan sachet, tapi belilah produk yang dikemas dalam ukuran besar untuk mengurangi sampah. Jika memungkinkan, pilih produk yang dikemas dalam botol kaca atau daun.

Daur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang sampah plastik eperti botol minuman dan pot tanaman dapat dilakukan proses recycle. Kreasikan sampah plastik menjadi hiasan atau barang lain yang dibutuhkan di rumah.

Edukasi dan sosialiasi

Hal terpenting dalam menyiasati darurat sampah plastik adalah dengan edukasi dan sosialiasi pada masyarakat sekitar, dalam hal ini bisa dimulai dengan anggota keluarga dan teman terdekatmu. Pastikan bahwa mereka tahu bahayanya dari timbunan plastik yang terus bertambah setiap harinya.


Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia! mari kita bersama-sama menjadikan planet kita tempat yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih berkelanjutan.



Sumber:https://news.detik.com/berita/d-6750774/hari-lingkungan-hidup-sedunia-5-juni-2023-tema-dan-sejarah/amp

Komentar

Postingan populer dari blog ini