Cara Membuat Orang Lain Nyaman di Suatu Organisasi

Nama              : Sarah Maulidya Cahyani
Jurusan          : Teknik Elektro
Prodi              : Pendidikan Teknik Elektro
Angkatan       : 2015
                Bagaimana membuat orang lain nyaman di suatu organisasi?
Kepemimpinan dalam organisasi adalah tentang keberanian, bermimpi dalam mengabdikan diri menuju pemenuhan harapan. Cara berpikir dan bertindak sebagai pemimpin dalam organisasi harus membuat orang memandang anda dan percaya pada anda akan kemampuan anda. Beberapa sikap kepemimpinan dalam organisasi yang baik yang dapet saya simpulkan sebagai berikut:
  1. Tindakan kepemimpinan yang efektif
     Adalah penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki karakter yang kuat dan dapat dipercaya. Kepemimpinan dalam organisasi yang efektif harus melibatkan dan membimbing para pengikutnya ke arah yang benar, membantu mereka mencapai tujuan yang diharapkan. Hal yang dapat saya simpulkan adalah dalam organisasi seorang pemimpin harus menjadi teladan dan contoh bagi para pengikutnya melalui kehidupan dan tindakannya sendiri.
  1. Jadilah percaya diri
   Memunculkan kepercayaan diri, sebagai penentu kunci dari kepemimpinan dalam organisasi yang sejati. Tanpa kepercayaan diri, seorang pemimpin tidak bias mengharapkan orang lain untuk mengikutinya.
  1. Mengetahui keadaan anak buah
   Untuk menjadi pemimpin yang baik, anda harus tahu dan memahami anak buah. Anda perlu membuat pilihan yang benar, memberikan tanggung jawab dan memilih orang-orang yang layak untuk mengimplementasikan keputusan anda. Memahami potensi anak buah adalah penting bagi pelaksanaan kerja yang tepat. Membuat pilihan yag adil dan tepat pada waktu yang tepat adalah cirri yang baik untuk kepemimpinan dalam organisasi.
  1. Menghargai orang lain
   Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus selalu ingat bahwa dia memimpin banyak orang dan dipercayai oleh banyak orang. Orang-orang inilah yang membuatnya menjadi seorang pemimpin dan kemudian mengikuti dia. Para pengikut memiliki harapan dan keinginan yang baik untuk kedepannya dari pemimpin mereka.
  1. Jadilah antusias
   Seorang pemimpin organisasi yang antusias adalah pemimpin yang baik yang mempunyai tujuan untuk keinginan yang akan dicapainya. Tujuannya adalah memotivasikan pengikutinya untuk bekerja sama dan merealisasikan rencana yang akan diadakan atau di sosialisasikan. Keterampilan kepemimpinan dalam organisasi sangat mendorong para pengikutnya untuk mengambil upaya menuju tujuan yang diharapkan dalam suatu organisasi.
  1. Loyalitas
   Loyalitas mengacu pada kesetiaan suatu organisasi, kerelaan berkorban untuk organisasi dan hal-hal lain yang sifatnya herois. Loyalitas akan menggerakkan pikiran-pikiran baru dalam organisasi untuk tetap bekerja meski dalam kondisi yang tidak menguntungkan, kondisi kekurangan, atau kondisi-kondisi yang diluar kendali kita.
  1. Komitmen dan Tanggung Jawab
   Jika loyalitas berkerabat dengan kesetiaan, maka komitmen dan tanggung jawab demikian. Komitmen dan tanggung jawab lebih mengarah pada kesepakatan atau janji yang telah dibuat atau disepakati dengan bersama. Komitmen dan tanggung jawab harap kita laksanakan dengan baik karena itu udah bagian dari tugas kita di suatu organisasi.
  1. Kekeluargaan dan rasa saling memiliki
   Kekeluargaan atas suatu organisasi berawal dari rasa nyaman yang ditimbulkan didalam internal organisasi tersebut. Kekeluargaan dan rasa memiliki ini merupakan proses sebab akibat yang sangat erat. Keduanya berakibat pada rasa nyaman antar anggota didalam organisasi tersebut, dan akhirnya mempengaruhi pula ikatan emosional, kinerja dan lain-lain. Sesama anggota atau seorang pemimpin sering bertemu , berdiskusi, bersenang-senang, berkegiatan, dan lama kelamaan akan terpupuklah rasa kekeluargaan dan rasa memiliki yang kuat.
  1. Kejujuran
   Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana-mana. Jujur dalam berorganisasi sangatlah penting misalnya dalam mengemukakan pendapat, laporan, masalah uang dan dalam kinerja di suatu organisasi. Jujur berkaitan dengan masalah moralitas, realita dan fakta. Jika kita jujur dalam berorganisasi pasti anda akan dipercayai banyak orang jika ingin menjadi seorang pemimpin.
  1. Kemauan untuk berkembang
     Hal ini sangat penting tidak hanya bagi diri sendiri tetapi bagi organisasi yang akan kita jalanin atau yang bersangkutan. Kemauan untuk berkembang menunjukkan keterbukaan hal-hal baru yang masih asing atau keterbukaan dalam hal yang akan kita dikembangkan di organisasi. Hal ini juga menunjukan bahwa dalam diri seorang anggota itu atau organisasi itu, ada keinginan untuk selalu meningkatkan kualitasnya, sehingga yang dihasilkan dalam organisasi pun meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini