Peringati Hari Anti Narkoba Internasional, TNI Penjaga Perbatasan Adakan Kegiatan Ini

Hari Anti Narkotika Internasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berjuang melawan penyalahgunaan narkoba.

Satgas Yonif 323 Kostrad melakukan penyuluhan anti narkoba kepada warga di perbatasan yaitu Kampung Asiki, Distrik Jair, Bovendigoel.

Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada tanggal 26 Juni, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad kampanyekan gerakan anti narkoba di perbatasan. Kampanye tersebut berupa penyuluhan narkotika dan pembagian buku pedoman bahaya narkoba kepada masyarakat di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Hari Anti Narkotika Internasional yang diresmikan oleh PBB pada tahun 1987 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berjuang melawan penyalahgunaan narkoba dan perdagangan obat ilegal. Sesuai siaran pers yang diterima TribunJakarta.com, di Indonesia sendiri status darurat narkoba telah digaungkan sejak beberapa tahun terakhir. situasi yang memprihatinkan ini juga terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan, hingga 2018 ini relatif tanpa perubahan yang berarti yaitu ditandai dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba yang trennya naik dari tahun ke tahun.

Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2014 memperkirakan jumlah penyalahgunaan narkoba sebanyak 3,8 juta sampai 4,1 juta jiwa atau sekitar 2,1persen sampai 2,25 persen dari total seluruh penduduk Indonesia yang beresiko terpapar narkoba. Apabila seluruh komponen bangsa tidak melakukan upaya pencegahan yang komperehensif diprediksi jumlah penyalahgunaan narkoba akan meningkat menjadi lima juta jiwa pada tahun 2020.
Didasari hal tersebut ialah momentum Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad yang sedang melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG.

Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat Kampung Asiki berupa penyuluhan narkotika dan pembagian buku pedoman bahaya narkoba sebagai wujud rasa tanggung jawab terhadap masyarakat di perbatasan.
Selain itu, dalam menyambut HANI tahun ini, Satgas Yonif Raider 323 Kostrad juga menggelar penyuluhan akan bahayanya narkoba di beberapa tempat.
Pos Bupul 13 melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat Kampung Kirely, sedangkan Pos KM 53 melaksanakannya di Kampung KM 56 Distrik Sesnukt.

"Dengan kegiatan ini kami berharap dapat mencegah masyarakat di Kampung Asiki dari segala bentuk penyalahgunaan narkoba, sehingga dapat terwujud papua yang bebas narkoba," ujar Letda Ckm dr. M.Barkah selaku Dokter Satgas Yonif Raider 323/BP.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini