Manfaat Air Nabeez (infused water dengan kurma/kismis)

Sebelum manusia menemukan air multivitan yang bisa menjaga kesehatan tubuh seperti sekarang ini, berabad silam Rasulullah Shallallahu’alahi wa sallam telah memberikan teladan sempurna perihal minum. Dalam paparan hadits dijelaskan bahwa beliau Shallallahu’alahi wasallam sangat menyukai minuman yang dingin dan manis yaitu rendaman air kurma atau sering disebut nabeez atau naqi.



Air Nabeez merupakan rendaman kurma atau kismis yang direndam pada air masak selama semalam didalam wadah tertutup dan diminum keesokan paginya. Airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut bisa langsung ditelan.

Berbicara menegenai infused water. Orang barat baru sekarang paham dan baru mempopulerkan khasiat infuesd water ini. Akan tetapi Nabi Muhammadah shallallahu wasallam telah lama melakukan hal ini.

Dari segi kesehatan tubuh, buah kurma terbukti sebagai :

  1. Pemberi dan pemulih tenaga. Inilah sebabnya mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma saat berbuka puasa.
  2. Kaya akan potasium yang penting dalam menjaga jantung dan menstabilkan tekanan darah.
  3. Pemberi zat besi yang bagus.
  4. Tinggi akan kandungan serat/fiber yang benfungsi untuk menghilangkan kolestrol jahat yang berkumpul didalam tubuh dan sangat bagus dalam menghilangkan sembelit

Khasiat air naqi atau nabeez :

  1. Nabeez adalah minuman yang mengandung alkali yang mampu membantu dalam proses pembuangan kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Air juga membantu menyingkirkan zat toksin berbahaya dalam tubuh.
  1. Air ini membantu badan dalam menyingkirkan bahan-bahan toksin yang berbahaya didalam tubuh, sangat berguna sebagai detox. Air Nabeez tinggi akan fiber yang mampu membantu proses pencernaan yang baik dan meningkatkan serta menajamkan pikiran agar anda tidak mudah lupa. Sebaiknya jangan simpan lama-lama air nabeez ini, maksimal 3 hari agar kandungan yang terdapat didalamnya tidak berubah.

Berikut cara membuat air naqi/nabeez :

Ambil kurma dalam jumlah ganjil, ambil 3 buah kurma dan buang bijinya lalu rendam kedalam segelas air. Atau bisa juga menggunakan kismis dengan mengambil segenggam kismis lalu rendam dan masukkan kedalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada sore hari menjelang malam, dan pastikan rendaman kurma tertutup rapat. Keesokan harinya air rendaman baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut bisa ikut dimakan. Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa, akan tetapi jika tidak ada kurma ajwa anda bisa mengunakan kurma yang lainnya.


Dalam meminum atau menikmati air naqi/nabeez ini anda dapat menambahkannya dengan susu atau yogurt.

Komentar

Postingan populer dari blog ini