5 Cara Mengatur Waktu Agar Tidak Keteteran Saat Kulian dan Kerja

 Kuliah sambil bekerja tentu bukan hal yang mudah, mengingat banyak tugas menanti untuk segera dikerjakan. Kadang Anda bahkan tak memiliki waktu untuk diri sendiri lantaran terlalu sibuk menuntut ilmu di kampus bersamaan dengan bekerja di kantor.
Tak heran, jika sebagian besar mahasiswa akhirnya harus memilih antara meneruskan belajar atau berhenti kuliah dan lanjut bekerja. Padahal mengatur waktu saat kuliah sambil bekerja dapat dilakukan meski memang terasa sulit.
Anda tetap bisa sukses menjalani pekerjaan hingga meraih gelar sarjana dari kampus. Saya adalah mahasiswa semester 2 di kampus STMIK Triguna Dharma .Saya kuliah jurusan “Sistem Informasi”.Disamping itu saya bekerja menjadi staff administrasi di ELtech Indonesia mulai dari jam 08.00 pagi sampai jam 15.00 sore,setelah itu saya masuk kuliah mulainya jam 17.00 sore sampai 21.30.
Banyak yang bertanya kepada saya seperti ini..
“Kak, apa gak capek kuliah sambil kerja?”
“Ah paling sampean habis ini, resign kerja atau dropout kuliah..”
“Kalau ada tugas banyak gimana tuh kak,?”
Berikut empat cara atur waktu bagi yang sedang kuliah sambil bekerja:

1. Diskusi Dengan Dosen

 Anda bisa membicarakan waktu kuliah dan kondisi kerja pada dosen pembimbing di kampus. Minta beberapa saran jika ada kelas yang bisa diikuti secara online atau meminta jadwal kuliah yang lebih fleksibel.

Banyak kampus yang kini sudah mulai menawarkan manajemen waktu kerja, dan ada beberapa cara yang bisa dicoba. Anda juga perlu membahas kondisi tersebut dengan atasan di kantor.
Ada beberapa waktu di mana Anda tak bisa masuk kantor karena ada kegiatan lebih penting di kampus seperti ujian.

2. Tidak Mudah Mengeluh

Terkadang kuliah sambil bekerja memakan banyak waktu kita setiap hari bahkan kita hanya mempunyai waktu sedikit untuk refreshing . Bahkan ketika libur kuliah sekalipun kita tetap bekerja, jadi manfaatkan waktu libur kuliah untuk me-refresh kan diri . Memang terkadang sifat jenuh itu ada,karena kita terlalu bosan dengan hari-hari yang setiap hari kita jalani. Saya penah mengeluh setelah setahun kuliah sambil bekerja,tapi banyak motivasi dari kawan dekat saya untuk tetap semangat menjalani keduanya.
Advertisement
"Jalani aja, tetep semangat dengan kesibukan ini. Mumpung masih muda, banyak-banyakin pengalaman dan jangan lupa beribadah,karena mengejar uang terlalu banyak sampai melupakan Tuhan kita,itu salah"

Dengan modal kalimat itu, dan ya saya memilih untuk tetap stay di pekerjaan ini dan kuliah di kampus perjuangan tersebut.
Yaudah dijalani aja mau gimana lagi? Toh ini juga pilihan kita hehe. Toh kita juga gak melakukan hal yg salah, gak melakukan hal yang bersifatnya merugikan? Saya gak nyolong, saya bukan begal, saya hanya mahasiswa kelas karyawan yang mempunyai kesibukan dan jutaan teman-teman yang membantu saya untuk bangkit jika saya dalam keadaan terpuruk 🙂
Jika anda cukup berani memutuskan untuk bekerja dan kuliah di waktu yang sama, seharusnya lebih mudah memutuskan untuk menjalaninya hingga tuntas. Jangan menyerah, dirimu hebat lebih dari yang anda pikirkan!

3. Gunakan skala prioritas

Orang sukses sangat memahami kegiatan, bagaimana memanfaatkan waktu dan realistis menghadapi situasi yang ada. Yang terpenting adalah Anda mampu memprioritaskan tugas di kampus dan kantor. Anda tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan lebih penting. Pandai mengatur prioritas akan memudahkan Anda mengatur waktu kuliah dan kerja.

4. Fokus

Tetap fokus adalah salah satu kunci mengatur waktu di kampus dan kantor. Pastikan juga Anda tidak memikirkan tugas kuliah saat berada di kantor, begitu juga sebaliknya.
Belajar juga dari kesalahan yang pernah dilakukan dan kerjakan tugas-tugas dari kantor dan dosen sebaik mungkin. Ingat selalu berusaha lakukan yang terbaik tak peduli seberapa ketat jadwal Anda.

5. Tidur cukup

Kopi bukan jalan keluar saat harus mengerjakan tugas kuliah dan kantor bersamaan. Saat jadwal kian padat, pastikan Anda tetap tidur teratur. Kurang tidur justru dapat membuat pekerjaan lebih sulit karena dapat memicu gangguan kesehatan mental, fisik, meningkatkan stres dan seluruh jadwal kerja dan kuliah terganggu. Mengatur waktu bukanlah kemampuan yang bisa datang begitu saja. Butuh waktu hingga Anda dapat melakukannya dengan baik.
Kerja keras dan ketekunanmu dalam bekerja & belajar memang tak menjamin suksesmu di masa depan. Tapi memang adakah kesuksesan hadir tanpa kerja keras dan ketekunan? Ini kehidupan nyata, bukan media yang kalian baca dan tonton .

 


 

 


 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini