Tips Agar Tidak Menunda-nunda Pekerjaan
·
·
·
Menunda-nunda
pekerjaan adalah hal yang tidak baik, menunda sesuatu yang seharusnya sudah
dilakukan akan menghambat target kita. Untuk itu menunda pekerjaan sebisa
mungkin harus dihindari. Contoh dari menunda-nunda pekerjaan adalah tidak
mengerjakan tugas atau makalah, menunda atau membatalkan mengerjakan
sesuatu,menunda mengerjakan PR, dan menunda mempersiapkan diri untuk ujian
sampai batas akhir waktu yang tersedia sehingga tidak pernah menyelesaikan
tugas tepat pada waktunya.
Penyebab seseorang
menunda- nunda pekerjaan diantaranya seperti karena merasa tidak yakin dengan
kemampuan diri, merasa malas, kurangnya kedisiplinan dan bisa disebabkan karena
kurangnya management waktu.
Sebaiknya hal-hal
dibawah ini kamu perhatikan agar tidak lagi menunda pekerjaan:
1. Cari Tahu
Penyebabnya
Cobalah cari tahu
apakah alasan selama ini menunda-nunda pekerjaan atau tugas. Apakah disebabkan
karena merasa tidak mampu mengerjakan tugas, kecemasan yang berlebihan akan
tugas yang diberikan, merasa malas, atau karena kurangnya managemen waktu.
ADVERTISEMENT
2. Percaya Diri
Yakinlah pada
kemampuan yang kita miliki. Jauhkan pikiran negatif bahwa kamu tidak bisa
melakukannya dengan baik. Cobalah mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya, kamu
bisa memperbaikinya di lain kesempatan. Kualitas kamu dapat dilihat dari cara
kamu mengerjakan tugas, untuk itu lakukan yang terbaik dalam mengerjakan tugas
atau pekerjaan tersebut.
3. Manajemen waktu
dengan baik
Manajemen waktu bisa
dilakukan dengan banyak hal misalnya dengan membuat catatan pekerjaan yang
ditargetkan. Dengan catatan tersebut kita dapat termotivasi untuk segera
menyelesaikan tugas kita. Membuat rencana yang akan dikerjakan secara tertulis
juga akan membantu kita dalam memprioritaskan tugas atau kpekerjaan mana saja
yang harus kita kerjakan terlebih dahulu.
4. Membangun Kedisiplinan
Diri
Perilaku yang tidak
semestinya kita lakukan dan menghamabat pekerjaan sebaiknya dihindari. Orang
yang memiliki kebiasaan menunda melakukan pekerjaanya seringkali terbawa oleh
sikap tidak disiplin. Cobalah membangun kebiasaan disiplin untuk mengatur
aktivitas pribadi sesuai jadwal tertentu secara teratur.
5. Menganggap semua
pekerjaan itu penting
Rasa malas timbul
karena kita meremehkan tugas ataupekerjaan tersebut. Kita menganggap bahwa akan
selesai dalam waktu yang sebentar. Dengan berfikir bahwa pekerjaan itu penting
maka kita tidak akan seenaknya menghambat tugas itu selesai. Sesuatu yang
penting pasti akan dikerjakan dengan sungguh-sungguh itu membuat kita tidak
menunda pekerjaan. Pikirkan juga masalah tak terduga yang dapat menghambat penyelesaian
pekerjaan kamu misalnya kurangnya sumber informasi atau sumber materi dari buku
sehingga harus mencari terlebih dahulu.
6. Temukan tempat yang
nyaman untuk bekerja.
Seringkali tempat atau
lingkungan yang ada disekitar kita tidak memberikan atmosfer yang nyaman
sehingga kita cenderung bermalas-malasam dan memicu untuk menunda pekerjaan
maka temukanlah tempat yang sekiranya membuat kita nyaman bekerja, seperti
merapikan tempat belajar agar lebih nyaman dalam mengerjakan tugas, belajar di
tempat yang tenang agar tidak terganggu dalam mengerjakan tugas.
Komentar
Posting Komentar